PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DI XII IPS 1 SMA NEGERI 19 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2612Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar dalam materi kerja sama ekonomi internasional pada peserta didik XII IPS 1 SMA Negeri 19 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d Oktober 2018. Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik XII IPS 1 SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 39 peserta didik, sedangkan partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah bapak Drs. Mukmin, M.Pd sebagai teman sejawat, pokok bahasan yang disampaikan adalah â€Kerja Sama Ekonomi Internasionalâ€. Penelitian tindakan kelas XII IPS 1 ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan pemahaman dan hasil belajar Ekonomi materi kerjasama ekonomi Internasional dengan model pembelajaran Quantum Teaching semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, ke siklus II yaitu 69,23% dan 89,74% Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Dilihat dari peningkatan aktivitas siswa yang terjadi pada siklus I ke Siklus II yaitu pada aktivitas sikap aktiv sebesar 56,41% siklus I meningkat ke siklus II sebesar 89,74%, kerja sama sebesar 61,54% meningkat ke siklus II sebesar 76,2%, dan sikap toleran siswa sebesar 66,67% meningkat ke siklus II sebesar 87,18.
 Kata Kunci: Ekonomi, Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kerja Sama Ekonomi Internasional.
References
DePorter, Bobbi. (2000). Quantum Teaching. Boston: Allyn Bacon.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.