PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DI XII IPS 1 SMA NEGERI 19 PALEMBANG

umi kalsum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar dalam materi kerja sama ekonomi internasional pada peserta didik XII IPS 1 SMA Negeri 19 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d Oktober 2018. Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik XII IPS 1 SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 39 peserta didik, sedangkan partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah bapak Drs. Mukmin, M.Pd sebagai teman sejawat, pokok bahasan yang disampaikan adalah ”Kerja Sama Ekonomi Internasional”. Penelitian tindakan kelas XII IPS 1 ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan pemahaman dan hasil belajar Ekonomi materi kerjasama ekonomi Internasional dengan model pembelajaran Quantum Teaching semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, ke siklus II yaitu 69,23% dan 89,74% Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Dilihat dari peningkatan aktivitas siswa yang terjadi pada siklus I ke Siklus II yaitu pada aktivitas sikap aktiv sebesar 56,41% siklus I meningkat ke siklus II sebesar 89,74%, kerja sama sebesar 61,54% meningkat ke siklus II sebesar 76,2%, dan sikap toleran siswa sebesar 66,67% meningkat ke siklus II sebesar 87,18.

 Kata Kunci: Ekonomi, Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kerja Sama Ekonomi Internasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.