UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN ACTUAL LEARNING

nani ratnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hasil  belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah  diterapkan  metode pembelajaran  actual learning pada peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 36 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 s.d April 2018 tahun pelajaran 2017/2018. Subjek yang dimaksud dalam tindakan  penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang yang berjumlah 35 peserta didik.  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (51,43%), siklus I (65,71%), dan siklus II (88,57%).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran actual learning dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang serta metode pembelajaran actual learning ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

Kata Kunci: IPS, Metode Pembelajaran Actual Learning




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.