UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN ACTUAL LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2613Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkan metode pembelajaran actual learning pada peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 36 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 s.d April 2018 tahun pelajaran 2017/2018. Subjek yang dimaksud dalam tindakan penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang yang berjumlah 35 peserta didik. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (51,43%), siklus I (65,71%), dan siklus II (88,57%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran actual learning dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang serta metode pembelajaran actual learning ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.
Kata Kunci: IPS, Metode Pembelajaran Actual Learning
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hermawan, Asep H. dkk. (2008). Pengembangan Kurikiulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zaenal. (2004). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muhibbinsyah. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Roska.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.