UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELAUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Toibah Toibah SMAN 8 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2655

Abstract

Masalah  penelitian ini adalah â€Bagaimanakah meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot setelah diterapkannya Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing  peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 8 Palembang?â€. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks anekdot setelah  diterapkannya Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 8 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kemampuan menulis anekdot dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,59%,), siklus I (69,23%,), siklus II (97,44%) dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang ditunjukan dengan hasil observasi serta peserta didik tertarik terhadap penggunaan Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Kata kunci: anekdot, Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, SMAN 8  Palembang

References

Fransiska Utami. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap Kemampuan Membaca Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Fatimah, Nuraini. 2013. Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Jurnal Dosen Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Imania, Nesiana dan Mulyanto Widodo. 2014. Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Januari 2014.

Kemdikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akamademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laksono, Ambar Tri dan Imam Baehaqie. 2015. Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot dengan Model Pembelajaran Role Playing “Pelayanan Publik†Pada Siswa Kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 8 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. JPBSI 4 (1) (2015).

Downloads

Published

2019-05-28