KETERAMPILAN DOSEN DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PUISI DAN MENULIS PUISI

masnunah masnunah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan dosen dalam mengadakan variasi mengajar terhadap hasil belajar memahami puisi dan menulis puisi pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan eksperimen dan deksriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan persamaan uji t dengan taraf kepercayaan 95% (α 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Keterampilan dosen dalam mengadakan variasi mengajar berkatagori baik, dengan rata – rata dari ketiga dosen yang mengajar kelas sampel keterampilan dosen dalam mengadakan variasi mengajar sebesar 77,77. Hasil belajar mahasiswa yang diajar oleh masing - masing dosen yang memiliki keterampilan dalam mengadakan variasi mengajar berkatagori baik dengan tingkat penguasaan keterampilan yang berbeda – beda, kelas 2A yang memiliki nilai rata – rata sebesar 81,75, kelas 2B memiliki nilai rata – rata sebesar 75,13, sedangkan kelas 2C memiliki nilai rata – rata sebesar 78,88, ketiga rata-rata tersebut tergolong kriteria baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh keterampilan dosen dalam mengadakan variasi mengajar terhadap hasil belajar mahasiswa.

 Kata Kunci: Keterampilan Dosen,Variasi mengajar,Hasil Belajar.


References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. .Jakarta:PT. Rineka cipta.

Haryati, M. 2007. Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Perkasa Press.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Hasibuan, J.J. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT. Reka cipta.

Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Danim,Sudarwan.2012.Profesi Kependidikan.Bandung:CV Alfabeta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief. dkk. 2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitihan Pendidikan.Bandung : Alfebeta

Tarigan, Djago, dkk. 2005. Pendidikan Ketrampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.