MENGKAJI KURIKULUM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI PENDIDIKAN VOKASI

Authors

  • Unung Verawadina IKIP PGRI PONTIANAK
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2834

Abstract

Pendidkan vokasi merupakan pendidikan yang mencetak lulusan yang siap kerja yang seyogyanya memiliki keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. Numun sejalan memasuki era reovolusi idusri 4.0 menunjukan dampak hibradisasi perubahan di lembaga pendidikan dan kebutuhan kerja di industri. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji memberikan penjelasan kurikulum di era revolusi industri 4.0 bagi pendidikan vokasi. Berdasarkan hasil kajian diperoleh perlunya pengembangan kurikulum menyesuaikan era revolusi industri 4.0 agar lebih relevan seperti adanya keterampilan baru  yakni coding, big data, artificial intelligence,  menerapkan pembelajaran belended learning secara tatap muka dan online, diperlukan juga penguasaan kompetensi 4.0 seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Selain itu dipadukan juga dengan kompetensi di abad XXI. Agar perubahan kurikulum berdampak tinggi maka pemerintah, lembaga pendidikan, industri harus bresinergi merevitalisasi kurikulumyang sesuai, pemilihan pendekatan kurikulum vokasi juga harus diperhatikan. Peranan peserta didik dan pengajar juga harus dapat menampilkan performance yang baik dalam menjalankan proses belajar mengajar.

References

Afrina, Eka, dkk. (2018). Vokasi di Era Revolusi Industri: Kajian Ketenagakerjaan di Daerah. Perkumpulan Prakarsa: Jakarta.

Anonim. (2017). Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 tahun 2017 tentang pedoman pembinaan dan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link And Match Dengan Industri. Diakses dari jdih.kemenperin.go.id/site/download_peraturan/2273.

Adebayo, B. R. (2018). CURRICULUM AND TEXTBOOK PROGRAM DEVELOPMENT PROVISION COMPARISON IN CHINA, MEXICO, THE CARIBBEAN AND NIGERIA: The way forward. Library Philosophy and Practice, , 1-15. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/2169145029?accountid=62719

Akhmetov, L. G., Kirillova, O. V., Kirillova, T. V., Varlamov, A. V., Kashina, S. G., Safin, R. S., . . . Sharonov, I. A. (2016). The managerial mechanism of future competitive technical specialists vocational training: The russian experience. International Review of Management and Marketing, 6(2) Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1771256281?accountid=62719

Buasuwan, P. (2018). Rethinking thai higher education for thailand 4.0. Asian Education and Development Studies, 7(2), 157-173. doi:http://dx.doi.org/10.1108/AEDS-07-2017-0072

Bhattacharyya, E. (2018). Stakeholders perspective on communicative competence in industry 4.0: Walk the talk of informative technologists. Les Ulis: EDP Sciences. doi:http://dx.doi.org/10.1051/shsconf/20185303001

Cheng, Y.C. (2005). New Paradigm for Re-engineering Education, Globalization, Localization and Individualization. Netherland: Springer

Didin wahidin. 2018. Direktur kemahasiswaan Ditjen belmawa Kemenristekdikti. Mencari format kegiatan kemahasiswaan di era revolusi industri 4.0.

Finch Curtis.R and Crunkilton. (1984) . Curriculum Development In Vocational And Technical Education : Planning, Content, and Implementation. Sidney. Allyn and Bacon Inc.

Gentili, C. (2017). “Time out†for classical studies? the future of italian liceo classico in the 4.0 world. Estudios Sobre Educación, 33, 127-143. doi:http://dx.doi.org/10.15581/004.33.127-143.

Hang, N. P. T., Thuy, L. T., & Tam, P. T. (2018). IMPACTING THE INDUSTRY 4.0 ON THE TRAINING QUALITY AND STUDENT'S SATISFACTION AT LAC HONG UNIVERSITY. Journal of Management Information and Decision Sciences, 21(1), 1-18. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/2178087129?accountid=62719.

Muhammad yahya, Orasi Ilmiah Professor bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018.

Nasir,M. (2018). Peningkatan mutu vokasi dalam Menghadapi era revolusi industri 4.0 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Ngakan Timur Antara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (2019). Disampaikan pada : Indonesia Industrial Summit 2019 Tangerang Selatan, 16 April 2019.

Sudira (2018).Metodelogi Pembelajaran Vokasional Abad XII. Yogyakarta. UNY Press.

Sukmadinata, Nana S. (2008). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trilling, B & Fadel, C. (2009). 21st-century skills: learning for life in our times. US: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Triyono, Moch Bruri (2017). Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK). ISSN Cetak : 2541-2361 | ISSN Online : 2541-3058.

Tyson, R. (2016). When expectations clash: Vocational education at the intersection of workplace and school. Interchange, 47(1), 51-63. doi:http://dx.doi.org/10.1007/s10780-015-9271-5

Wolf, M., Kleindienst, M., Ramsauer, C., Zierler, C., & Winter, E. (2018). CURRENT AND FUTURE INDUSTRIAL CHALLENGES: DEMOGRAPHIC CHANGE AND MEASURES FOR ELDERLY WORKERS IN INDUSTRY 4.0. Annals of the Faculty of Engineering Hunedoara, 16(1), 67-76. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/2051204666?accountid=62719

Ye-weon Jeon, dkk, (2017) Developing the competencies of vocational teachers in the age of 4th industrial revolution, the 13th AASVET annual conference 22 Oktober 2017, Seoul.

Downloads

Published

2019-05-28