PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA LAGU YAMKO RAMBE YAMKO DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MUSIK REKORDER SOPRAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUASIN 1

A Heryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada lagu yamko rambe yamko dengan menggunakan alat musik rekorder sopran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data tes. Dalam penelitian ini hanya ada satu kelas sampel yang menjadi kelas eksperimen yang dilakukan tanpa ada kelas pembanding yaitu kelas VIII.3 yang berjumlah 36 orang. Tes yang digunakan kepada siswa adalah pretest dan posstest dalam bentuk tes praktik yang dinilai menggunakan lembar penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa pada hasil pretest adalah 62 dan nilai rata-rata posttest 84,19 dengan ketuntasan 80 yang diterapkan dari sekolah telah dicapai dengan baik. Hasil uji coba instrument dinyatakan data tersebut valid hal ini dilihat dari hasil pengujian validitas thitung > ttabel (3,20 > 1,66) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga strategi pembelajaran ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada lagu yamko rambe yamko dengan menggunakan alat musik rekorder sopran di kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuasin 1.

Kata Kunci :Strategi pembelajaran Ekspositori, Alat music Rekorder Sopran.

References


Agung, Leo. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hamzah. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir, Abdul. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Pamungkas, Jarot Adi. (2007). Belajar Pianika dan Rekorder Tanpa Guru. Semarang: Mitra Media Nusantara.

Ridwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soemanto, Wasty. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Subagyo, Joko. (2016). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.