PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN SISWA SMP NEGERI 30 PALEMBANG

Authors

  • Nurmali Nasriah SMP Negeri 30 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang. Data dianalisis, kemudian ditindaklanjuti. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I, hasilnya masih belum memuaskan, nilai rata-rata kelas mencapai 67, ketuntasan belajar baru mencapai 48,6%, nilai rata-rata kelas mencapai 79, dengan ketuntasan belajar 77,1%. Pada tindakan siklus III, hasil yang diperoleh sangat baik, terbukti dari nilai rata-rata kelas mencapai 87, ketuntasan belajar mencapai 97%. Hipotesis yang dikemukakan “Jika strategi pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur puisi dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan, kemampuan siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 30 Palembang mengidentifikasi unsur-unsur puisi akan meningkatâ€dan dapat diterima kebenarannya

References

Aftarudin, Pesu. 1986. Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung: Angkasa.

Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: CV. Sinar Baru

Damayanti, D. 2015. Buku Pintar Sastra Indonesia Puisi, Sajak, Syair, Pantun dan Majas. Araska: Yogyakarta.

Depdikbud. 1995. Petunjuk Teknis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.

Fatimah, Siti at.al. 2010. Model-Model Pembelajaran SMP/MTs/SMA/MA/SMK. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Fuad. 2010. Pengembangan Profesional Guru. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Jabrohim, Editor. 1994. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kemendiknas. 2011. Petunjuk Teknis Pelaksnaan Jabatan Fungsional Guru dan

Angka Kreditnya. Jakarta.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natawidjaja, Suparman. 1982. Apresiasi Sastra Budaya. Jakarta: PT Intermasa

Pradopo, Rahmad Djoko. 1991. Dewa Telah Mati: Kajian Struktural-Semiotik,. Bandung: Unipersitas Pajajaran.

Pradopo, Rahmad Djoko. 1999. Pengkajian Puisi: Kajian Strata Norma dan Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: gadjah Mada University Press.

Santoso, Puji. 1993. Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung: Angkasa.

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Situmorang, B.P. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Jakarta Nusa Indah.

Sugianto, Eko. 2015. Cara Mudah Menulis Pantun, Puisi, Cerpen. Yogyakarta:Khitah Publishing.

Suharyanto, S. 1982. Pengantar Apresiasi Puisi. Surakarta: Widya Duta.

Sumardi et al. 1985. Pedoman Pengajaran Apresiasi Puisi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Pengajaran Kosa Kata. Bandung: Angkasa.

Tjokrosujoso, Darsono. 1996/1997. Dasar-Dasar Penelitian Modul 1-6. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D III.

Yusuf, Munawir. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.

Downloads

Published

2019-09-28