PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI MAHASISWA MELALUI LATIHAN GAYA SELF CHECK

Authors

  • M Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3362

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain bolavoli mahasiswa melalui latihan gaya self check. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian metode eksperimen dengan dengan jenis the one group pretest-posttest design yang bertujuan melihat peningkatan hasil belajar matakuliah permainan bolavoli setelah diberikan bentuk latihan gaya self check dan melihat mutu hasil belajar mata kuliah tersebut sebelum dan sesudah diberi bentuk latihan gaya self check. Subjek penelitian adalah 30 orang mahasiswa yang ditetapkan dengan pertimbangan kelas yang memiliki masalah keterampilan bermain bolavoli. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan bermain bolavoli. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa keterampilan bermain bola voli melalui latihan gaya shelf check mengalami peningkatan, terbukti dengan hasil analisis data yang telah didapatkan berdasarkan nilai rata-rata dari tes awal dan tes akhir, yang pertama terdapat peningkatan keterampilan servis bolavoli didapat rata-rata tes awal 21,66 dan meningkat pada rata-rata tes akhir 31,27.

References

Bompa, Tudor O. and G. Gregory Haff. (2000). Periodezation, Theory and Methodology of Training. Fifth Edition. Terjemahan Rahantoknam, BE. USA: Human Kinetics.

Depdiknas. (1999). Petunjuk Tes Keterampilan Bermain Bola Voli. Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Departemen Pendidikan Nasional.

Giriwijoyo, S dan Sidik, D.Z. (2005). Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marta, Dinata. (2004). Belajar Bola Voli. Jakarta: Pada Penerbit Cerdas Jaya.

Mosston, Muska. (2008). Teaching Phsycal Education. Columbus, Ohio: Charles E, Merril Publishing Company.

Thomas. J.R. dkk. (2015). Research Methods in Physical Activity-7th Edition. Illinois: Human Kinetics.

Downloads

Published

2019-09-28