EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS WORKSHEET PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Ali Fakhrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pada mata kuliah pembelajaran matematika Sekolah Dasar antara mahasiswa yang dikenai  model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Worksheet dan  mahasiswa yang dikenai model pembelajaran konvensional pada mahasiswa PGSD semester IV Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2018/2019.  Pada penelitian ini dipilih secara acak dua kelas eksperimen yaitu kelas 4I sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Worksheet dan kelas 4J sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis uji hipotesis pertama diperoleh  yaitu 6,6025 > 3,09. Jadi, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen I dan kontrol.  


Full Text:

PDF

References


Adinawan, M. Cholik dan Sugijono. 2007. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Amri, Sofan, Ahmad Jauhari, dan Tatik Elisah. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anni, Catharina Tri. dkk. 2017. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Pustaka Utama.

Deslaurier, L., Ellen Schelew & Carl Wieman. 2011. Improved Learning in a Large Enrollment Physics Class. Science 332: 862-864. Enfield, Jacob. 2013. Looking at the Impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN. TechTren

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Marsigit. 2009. Mathematics I for Junior High School. Jakarta: Yudhistira.

Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prastyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suherman, Erman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman, Suhendra, Sufyani, Nurjannah, dan Ade Rohayati. 2016. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. 2019. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Schultz, D., Stacy Duffield, Seth C. Rasmussen, & Justin Wageman. 2014. Effects of the Flipped Classroom Model on Student Performance for Advanced Placement High School Chemistry Students. Journal of Chemical Education (2014), 91 (9), pp 1334– 1339. Simanjuntak, E. 2006. Predicting Academic Adjustment and Results of STUNED (Studeren in Nederland) Students by Self Concept and Self Efficacy. Anima Indonesian Psychological Journal, 21, 2, 145-160.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikun . 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.3456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.