PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA N 20 PALEMBANG

Authors

  • Selly Parela Universitas PGRI Palembang
  • Erma Yulaini Universitas PGRI Palembang
  • M Toyib Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.3642

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true ekperimental design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan dummy variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t†tes. Dari hasil penelitian kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020.

References

Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdayama. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Downloads

Published

2020-05-28

How to Cite

Parela, S., Yulaini, E., & Toyib, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA N 20 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 112–119. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.3642