PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA N 20 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.3642Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true ekperimental design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan dummy variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t†tes. Dari hasil penelitian kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA N 20 Palembang tahun pelajaran 2019/2020.
References
Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdayama. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).