PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKS LAPORAN OBSERVASI DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 19 PALEMBANG

Rika Zainah

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Kurikulum 2013 berbasis teks, sehingga dalam pelaksanaannya guru membelajarkan siswa mengenai teks. Teks yang dipelajari salah satunya yaitu teks laporan hasil observasi. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman teks laporan observasi dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 19 Palembang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 19 Palembang Tahun pelajaran 2018/2019 di kelas X MIPA 1. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan yaitu Agustus s/d Oktober 2018 semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dilakukan pada waktu semester ganjil.Sebagai subyek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang penulis laksanakan ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Materi mengenai menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66,67%), siklus II (94,44%).

 

Kata Kunci: Discovery Learning , Teks Laporan Observasi.


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar (GBPP). Depdikbud. Jakarta.

EM, Zul, Fajri & Ratu, Aprilia, Senja. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi, Cet. 3. Semarang: Difa Publishers. Etunas.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2013. Metode Penelitiam Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Ke XII. Bandung: Alfabeta,

Sukidin, dkk (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendekia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.