PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKS LAPORAN OBSERVASI
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3644Keywords:
Discovery Learning, Teks Laporan ObservasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman teks laporan observasi dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 19 Palembang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 19 Palembang di kelas X MIPA 1. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan yaitu Agustus s/d Oktober 2018 semester ganjil. Dilakukan pada waktu semester ganjil. Sebagai subyek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang penulis laksanakan ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 36 siswa. Materi mengenai menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66,67%), siklus II (94,44%).
References
Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar (GBPP). Depdikbud. Jakarta.
EM, Zul, Fajri & Ratu, Aprilia, Senja. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Edisi Revisi, Cet. 3. Semarang: Difa Publishers.
Mahsun. (2013). Metode Penelitiam Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sukidin, dkk (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia.
Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.