PERBANDINGAN KEBUGARAN JASMANI ANTARA SEKOLAH DI PERKOTAAN DAN DI PEDESAAN STUDI KASUS DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG DAN SMA NEGERI 2 BANYUASIN 2

Authors

  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3658

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebugaran jasmani peserta didik kelas X yang bersekolah di SMA Negeri 5 Palembang dan SMA Negeri 2 Banyuasin 2. Penelitian ini merupakan penelitian komperatif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data berupa tes. Populasi dari penelitian ini berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun dari Depdiknas. Teknik analisis data menggunakan uji P dengan mempersentasikan hasil tes yang dilakukan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh rata-rata nilai kebugaran jasmani SMA Negeri 5 Palembang sebesar 12,33, dan SMA Negeri 2 Banyuasin 2 16,8, hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan kebugaran jasmani peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Palembang dan SMA Negeri 2 Banyuasin 2. Tingkat kebugaran SMA Negeri 2 Banyuasin 2 lebih bagus ketimbang SMA Negeri 5 Palembang.

References

Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. AL-Mudarris , 24-27.

Faqih, S. C. (2017). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Se-Gugus Selatan Kecamatan Plumpung Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , 386-387.

Faruq, F. d. (2017). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: Andi Offset.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Rizhardi, R. (2019). PERBANDINGAN KEBUGARAN JASMANI ANTARA SEKOLAH DI PERKOTAAN DAN DI PEDESAAN STUDI KASUS DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG DAN SMA NEGERI 2 BANYUASIN 2. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 297–304. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3658