PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA TOKOH IDOLA DENGAN MEMPERHATIKAN MORFOFONEMIK SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3691Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menuliskan kembali pokok-pokok berita yang didengarkan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian pada kesimpulan, dinyatakan bahwa menulis pokok berita kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model artikulasi lebih baik dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yang dilihat melalui pengujian hipotesis karena terbukti bahwa nilai lebih besar dari nilai sebesar 6,48
2,00 atau dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 74,5 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 63,1. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis pokok-pokok berita siswa kelas VIII MTs Nurul Himah
References
Achmad. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawati, Uti. (2009). Ragam Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara.
Husnul, Ade. (2010). Berwawancara Dengan Narasumber. Bogor: Quadra.
Kurnia. (2014). Bahan Ajar Linguistik Umum. Palembang.
Mulae, Sunaidin Ode. (2015). Pengantar Morfologi. Yogyakarta: Morfalingua.
Sumadia, As Haris. (2011). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Morfologi, Bandung, Angkasa.