PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA TOKOH IDOLA DENGAN MEMPERHATIKAN MORFOFONEMIK SISWA KELAS VII

Liza Murniviyanti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Nurul Himah, SMP Negeri 41 Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menuliskan kembali pokok-pokok berita yang didengarkan siswa Kelas VIII MTs Nurul Himah, SMP Negeri 41 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menuliskan kembali pokok-pokok berita yang didengarkan siswa Kelas MTs Nurul Himah, SMP Negeri 41 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 130 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling.Berdasarkan hasil penelitian pada kesimpulan, dinyatakan bahwa menulis pokok berita kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model artikulasi lebih baik dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yang dilihat melalui pengujian hipotesis karena terbukti bahwa nilai  lebih besar dari nilai  sebesar 6,48  2,00 atau dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 74,5 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 63,1. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis pokok-pokok berita siswa kelas VIII MTs Nurul Himah, SMP Negeri 41 Palembang. 

 

 

Kata kunci: model pembelajaran artikulasi, kemampuan menulis pokok berita


Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer dan Leonie Agustina, 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Achmad, 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asep Syamsul M. Romli,. 2016. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Khairunnisa, Eneng. Penerapan Bahasa Jurnalistik Pada Berita Utama”Straight News” Di Surat Kabar “ Radar Bekasi “ Edisi 1-5 Oktober 2012, (Skripsi: Universitas Jakarta, Konsentrasi Jurnalistik, 2012).

Kurnia.2014. Bahan Ajar Linguistik Umum, Palembang.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Morfologi, Bandung, Angkasa.

Wawancara dengan Lia tanggal 22 Maret 2018 di kantor Graha Pena Sumatera Ekspres.

Yuliati.(2008). Analisi Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Berita Utama Surat Kabar Sumatera Ekspres Edisi September 2013, (Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas PGRI Palembang, Palembang)




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.