KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMP DI SUMATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3692Keywords:
Think Talk Write (TTW), Menulis Karangan DeskripsiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis karangan deskripsi siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 37 orang (18 orang laki-laki dan 19 orang perempuan). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, dengan nilai 12,19 lebih besar dibandingkan dengan dengan nilai 1,70. Teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan teknik wawancara, hal ini didukung dengan hasil wawancara guru bahwa guru Bahasa Indonesia sudah mengajarkan materi menulis karangan deskripsi dan menggunakan metode latihan, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi, selalu memberikan latihan di saat mengajar menulis karangan deskripsi karena dengan latihan dapat mengetahui kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, sehingga ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro.
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada