KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMP DI SUMATERA SELATAN

Liza Murniviyanti

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis karangan deskripsi siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis karangan deskripsi siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro yang berjumlah 77 orang, dan sampel penelitian berjumlah 37 orang ( 18 orang laki-laki dan 19 orang perempuan). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa  diterima jika dan  diterima jika . Oleh karena itu, dengan nilai 12,19 lebih besar dibandingkan dengan dengan nilai 1,70. Teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan teknik wawancara, hal ini didukung dengan hasil wawancara guru bahwa guru Bahasa Indonesia sudah mengajarkan materi menulis karangan deskripsi dan menggunakan metode latihan, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi, selalu memberikan latihan di saat mengajar menulis karangan deskripsi karena dengan adanya latihan dapat mengetahui kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, sehingga ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih. 2015. Tata Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.