PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI

Authors

  • Ermawati Ermawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3699

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Demonstrasi

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas VII.D di SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.D SMP Negeri 36 Palembang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis metode pembelajaran Demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,75% ), Siklus 1 (62,50%), dan siklus 2 (87,50%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Demonstrasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar

References

Depdiknas. (2006). Permendinas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2000). Pengertian Metode Demonstrasi. [online]. Tersedia: http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-bel ajar.html.

Syah, Muhibbin. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-01-28