DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Anik Suryaningsih Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3752

Abstract

Media Sosial merupakan alat komunikasi atau informasi yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan percakapan, bertukar informasi atau menuangkan ide. Namun media sosial ini malah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi beberapa peserta didik, apalagi mereka yang menyalahgunakan media sosial bukan untuk kepentingan belajar. Media sosial sangat berpengaruh sekali bagi peserta didik umtuk menunjang prestasi belajar. Prestasi belajar adalah sebuah hasil belajar dari yang dicapai setelah mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar pun dapat ditunjukkan dalam bentuk angka atau nilai, untuk memperoleh tercapainya prestasi belajar diperlukannya sebuah usaha yang maksimal. Apalagi di dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan suatu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan proses belajar. Peran orang tua dan para guru di sekolah sangat diharapkan untuk membantu peserta didik dalam membatasi diri dalam media sosial. Tujuan penulis menuliskan ini adalah untuk mengetahui pengaruh : (1) prestasi belajar; (2) media sosial; (3) dampak negatif dan dampak positif; (4) peran guru di sekolah terhadap dampak penggunaan media sosial.

References

Fitri, Sulidar. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran https://umtas.ac.id/journal/index.php/naturalistic/article/ download/5/14 .

Laos, Aleksander. (2017). Prestasi Belajar Siswa. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Najamudin dkk. (2019). Sosial Media dan Prestasi Belajar: Studi Hubungan Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif .

Permata, Sari dkk. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 13 Kerinci. Journal Wahana Konseling https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/juang/article/ download/2647/2616 .

Rahman, Jain. (2017). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal https://kalsel.kemenag.go.id/files/file/artikelprakom/15162891659956.pdf .

Zed, Mestika. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2019-09-28