ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA ATAS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Dina Sri Nindiati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kepuasan mahasiswa atas kualitas layanan akademik Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah untuk penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 69 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan teknik analisis secara deskriptif. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa tingkat kualitas layanan akademik bisa dikatakan baik dengan demikian mahasiswa merasakan puas atas layanan yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Palembang. 

 

Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Layanan Akademik


Full Text:

PDF

References


Aryani, Dwi dan Febrina Rosita. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Membentuk Loyaritas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Volume 17, Nomor 2. ISSN 0854-3844.

Astuti Budi Athanasia, Roy Romey Daulas Mangungsong dan Windiarti Dwi Purnaningrum. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa di Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Volume 3, No 2, November 2014, hlm 106-214.

Hidayati, Ana, Achmad Fudholi dan Sumarni. 2014. Analysis Of Student Satisfaction Service Quality In Pharmacy Faculty University Of Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pharmaçiana, Vol. 4, No. 1, 2014 : 59-64.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa,Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Pakpahan, Sondang Purnamasari. 2004. Persepsi Mahasiswa UPBJJ-UT Medan tentang Pelayanan Akademik dan Non-Akademik yang Diberikan oleh UPBJJ-UT Medan. Jurnal pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, vol 5(1): 47-58.

Rahayu, Dwi. 2013. Pengaruh Service Quality terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Akuntansi Fakultas EkonomiUniversitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang. Jurnal UMRAH.

Rinala, I Nyoman, I Made Yudana dan I Nyoman Natajaya.2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. (Volume 4 Tahun 2013).

Saputra, Randi Lefino. 2014. Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Administrasi Pegawai Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) di Universitas Negeri Padang. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Setiyati, Ritta. 2013. Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Administrasi Akademik di Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta. Forum Ilmiah .Volume 10 Nomor 1, Januari 2013.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sufiyyah, Arrafiatus. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Birokrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Aset, September 2011, hal. 85-93 Vol. 13 No. 2 ISSN 1693-928X.

Sukanti. 2009. Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No. 1 – Tahun 2009 Hal 23 –34.

Susanto, Hery. 2014. Pengaruh Layanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Program pascasarjana Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 15, Nomor 2, September 2014, 88-98

Tampubolon. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu Paradigma Baru dan Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono F dan Gregorius Chandra. 2005. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tim Penyusun Lembaga Jaminan Mutu dan Monitoring Evaluasi Pendidikan (LJMMEP). 2014. Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) Universitas Halu Oleo (UHO) Tahun Akademik 2013/2014. Kendari : Universitas Halu Oleo.

Tuerah, Febriany Feibe Rosaline, dkk. 2015. Analisis Kualitas Layanan Akademik Dan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal EMBA 422 .Vol.3 No.4 Desember 2015 ISSN 2303-1174.

Udiono, Tangkas. 2013. Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap sistem Informasi Penjadwalan Kuliah Biro Administrasi Umum dan Keuangan Universitas XYZ. ComTech. Vol.4 No. 1 Juni 2013: 91-97.dwa

Wadwa, Raja. 2006. School Organization. Journal Of Education. Vol 72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.