METODE PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PARADIGMA BARU PKn SD

Authors

  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang
  • Imelda Ratih Ayu Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4105

Keywords:

Portofolio, Paradigma, PKn di SD

Abstract

pemahaman mahasiswa tentang paradigma baru PKn SD melalui metode perkuliahan berbasis portofolio. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan terhadap mahasiswa dalam proses perkuliahan di kelas, pemahaman direfleksikan dari respon mahasiswa yang didesain subjek penelitian. Penelitian dilakukan dalam tujuh siklus, yang terdiri dari diskusi (brainstroming), mendesain pelaksanaan metode portofolio,eksekusi, dan refleksi akhir. Hasil penelitian menunjukkan 1) metode berbasis portofolio merupakan sesi yang penting dalam project based learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, 2) setelah implementasi metode berbasis portofolio, pemahaman mahasiswa tentang paradigma baru PKn SD berada pada level transformasi. Penelitian merekomendasikan agar metode berbasis portofolio dapat diterapkan dalam proses perkuliahan untuk mata kuliah PKn SD

References

Asan, A & Haliloglu, Z. (2005). Implementing Project Based Learning In Computer Classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, (online), 4(2): 1-12, (http://www.tojet.net/articles/4310.doc, download at: 30 Maret 2017).

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson.

Depdiknas. 2003. Alur Pikir Pengembangan Kurikulum S-1 PGSD. Jakarta: Dit.Ketenagaan Ditjen Dikti

Drucker, Peter. 1995. Managing In a Time of Great Change. California: First Published

Fathurrohman & Wuryandani, Wuri. 2011. Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Dedy, A., & Ayu, I. R. (2019). METODE PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PARADIGMA BARU PKn SD. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 305–314. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4105