PEMAHAMAN GURU KELAS DALAM MENJALANKAN PERAN SEBAGAI PEMBIMBING

Authors

  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.4124

Keywords:

Peran, Guru Kelas, Pembimbing

Abstract

Salah satu fungsi guru kelas adalah sebagai pembimbing, fungsi tersebut perlu dipahami dan dimaksimalkan oleh guru kelas, terutama jika melihat semakin beragamnya permaslahan siswa. SD Xaverius 7 Palembang merupakan sekolah yang pernah mendapatkan workshop mengenai implementasi layanan BK di SD, oleh karena itu perlu disurvey bagaimana pemahaman guru kelas dalam menjalankan fungsi sebagai pembimbing. Penelitian survey dilakukan terhadap guru kelas 4, 5, dan 6 SD Xaverius 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memiliki pemahaman yang tinggi dalam menjalan kan pemahaman terhadap peserta didik, yaitu 70%. Sementara itu guru kelas masih kebingungan dalam merancang rencana operasional yang terintergrasi dengan materi pada RPP, melakukan konseling, dan mengembangkan media. Penelitian merekomendasikan sekolah untuk memaksimalkan kolaborasi dalam pengembangan materi, serta memaksimalkan komunikasi antara guru kelas dengan orang tua melalui perangkat teknologi sebagai bagian dalam pengentasan masalah.

References

Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Purwoko, B., Hafina, A., Yustiana, Y. R., & Sukmaja. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Henderson, Donald A,. (2011). Counseling Children 8 Edition. USA : Brooks/ Cole

Martanti, F. (2015). Peran Guru Kelas Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SDN Watuaji 01 Kabupaten Jepara. Magistra, 6(2), 18–31.

Lianawati, A. (2018). Identifikasi Kesiapan Guru Kelas Dalam Melaksanakan Layanan BK di SD. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 14(25), 96-102.

Setianingsih, E. S. (2016). Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1).

Silitonga, A. S., Sarjono, Y., & Anif, S. (2014). Pengelolaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hidayat.

Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44.

Downloads

Published

2020-01-28