SISTEMATIKA a PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN DARING DIRUMAH LEWAT TELEVISI SAAT TERJADINYA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4141Keywords:
Penilaian Autentik, Pembelajaran Daring dan Covid -19Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeksripsikan sistematika penilaian autentik dalam pembelajaran daring dirumah lewat televisi saat terjadinya covid 19 sebagai alternatif pemecahan masalah dalam penilaian autententik saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar kegiatan yaitu penilaian autentik pada siswa yang bernama Aldy Prayoga kelas 6 di SDN 3 Surya Adi kec. Mesuji. kab. OKI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran daring pada saat ini cukup membantu meskipun kurang efektif dalam proses pembelajaran, (2) sistematika pembelajaran autentik disesuaikan dengan kondisi pada saat proses pembelajaran karena penilaian ini dilakukan dengan menggunakan daring, (3) sistematika pembelajaran lewat televisi pada saat ini cukup baik meskipun lebih efektif apabila pembelajaran dilakukan di sekolah (4) kendala yang dihadapi saat belajar daring dirumah adalah mati lampu, memerlukan paket data internet dan pembelajaran lebih sulit.
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta.
Rohmah, Nurhayati. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Ed.VI. Cet.13. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.