PENULISAN MAKALAH MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA DENGAN METODE MIND MAPPING

Authors

  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.4147

Keywords:

Paper Writing, Indonesian Language, Mind Mapping

Abstract

Abstrak
Keterampilan menulis adalah kemampuan berbahasa yang kompleks. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dengan metode mind mapping. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung = 3,27 dimana thitung lebih besar daripada ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis makalah pada MKU Bahasa Indonesia.

 

References

Alek dan Ahmad. (2010). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Armariena, D. N. (2015). Pengaruh Strategi Herringbone dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 45 Palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Armariena, D. N. (2017). Penulisan Narasi Mahasiswa dengan Metode Copy teh Master dalam Menghidupkan Kartakter, Perilaku dan Konflik Tokoh. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 9, 10-19. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Jacobs, H. L., dkk. (1981). English Composition Program Testing ESL Compsition: a Practical Approach. London: Newbury House Publisher Inc.

Kellog, Ronald T. (2008). Training Writing Skills: A Cognitive Developmental Perspective Journal of Writing Research. USA: Department of Psychology, Saint Louis University.

Sevilla, Consuelo dkk. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press.

Suparno dan Yunus M. (2009) Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-05-28