PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI SISWA SMP NEGERI 2 JABUNG LAMPUNG TIMUR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4342Keywords:
Menulis Surat Resmi, Pendekatan KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Negeri 2 JABUNG Lampung Timur dengan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 JABUNG Lampung Timur, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi menulis surat resmi dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis surat resmi. Hal tersebut dapat dilihat dari data nilai pada setiap siklus yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat resmi. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I sampai siklus II. Persentase jumlah siswa yang tuntas pada saat prasiklus adalah 8 siswa atau 26,6%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, meningkat menjadi 17 siswa atau 56,6% dengan nilai rata-rata 69,4. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa atau 96,7% dengan nilai rata-rata 76,8.References
Armariena, D. N. (2017). Penulisan Narasi Mahasiswa dengan Metode Copy the Master dalam Menghidupkan Kartakter, Perilaku dan Konflik Tokoh. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 9, 10-19. Palembang: Universitas PGRI Palembang. Armariena, D. N. (2019). Penulisan Makalah Mahasiswa pada MKU Bahasa Indonesia dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Wahana Didaktika. Vol 17 No 2 Mei 2019.
Djuharie, Setiawan dkk. (2001). Surat Menyurat Serbaguna Panduan Korespondensi Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widia.
Hernowo. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Nurjamal, Daeng dkk. (2011). Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wiyanto, Asul. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.