PERKEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Authors

  • Rochman Hadi Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Henni Riyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4343

Keywords:

E-Learning, Inovasi Pembelajaran, Pembelajaran Modern

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisa perkembangan e-learning sebagai sebuah pembelajaran modern yang efektif. Perkembangan teknologi yang serba canggih saat ini telah mendorong berbagai jenis adaptasi dalam kehidupan manusia termasuk e-learning. Pertama akan dibahas pola dari e-learning, contoh penerapan e-learning dalam pembelajaran termasuk pihak yang terlibat, terakhir akan dijabarkan strategi penerapan e-learning untuk mencapai pembelajaran modern yang efektif.

References

Andersson, T. (2011). Theory and Practice of Online Learning, Fifth Edition. Edmonton, Canada: AU Press Athabasca University.

Aziz, M. A. A. (2015). Proven methods to enhance e-learning process using social media (materials, interaction, and competitive advantage). International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning. 5 (1), pp. 40 – 46.

Blendedlearning. (2017). What is Blended Learning?. Diperoleh dari https://www.blendedlearning.org/basics/, pada tanggal 5 Desember 2017.

Christensen, S., Horn, M. B. & Staker, H. (2013). Is K-12 Blended Learning Disruptive: An Introduction to The Theory of Hybrids. Clayton Christensen Institute. Diperoleh dari http://bit.ly/1ufTtgZ, pada tanggal 5 Desember 2017.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning, Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

e-Learning Africa. (2011). Elearning and Schools. Diperoleh dari www.elearning-africa.com/newsportal/english/news257.php, diakses tanggal 29 November 2017.

Fombona, J., Sevillana, A. P., Videgaray, G & Carmen, M. (2017). M-Learning And Augmented Reality: A Review Of The Scientific Literature On The Wos Repository. Comunicar (in Spanish).

Horton, W. K. (2006). E-learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Male, G. & Pattinson, C. (2011). A Socio-Cultural And Technology Perspective Towards Quality E-Learning Applications. Campus-Wide Information Systems.

Marshall, S. J. (2012). An analytic framework to support e.learning strategy development. Campus-Wide Information Systems. Vol 29 No 3.

Norm, F. (2012). Report: Defining Blended learning. Diperoleh dari http://learningspaces.org/papers/Defining_Blended_Learning_NF.pdf, pada 5 Desember 2017.

Ossiannilsson, E. S. I. (2012). Quality Enhancement On E-Learning. Campus-Wide Information Systems. Vol 29 No 4.

Rusman, Kurniawan, K. & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2019-09-28

How to Cite

Mustofa, R. H., & Riyanti, H. (2019). PERKEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 379–391. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4343