PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMA NEGERI 2 TUNGKAL JAYA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4348Keywords:
Model Experiential Learning, PuisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adakah pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak113. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas X.1 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data tes menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes (kelas eksperimen) yang menggunakan model experiential learning dalam kemampuan menulis puisi adalah 82,22 lebih tinggi dibandingkan (kelas kontrol) yang tidak menggunakan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi dengan nilai rata-rata hasil tes adalah 77,48. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan pembelajaran model experiential learning.References
Armariena, D. N. dan Liza Murniviyanti (2017). Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Dengan Metode Image Streaming Dalam Proses Kreatif Mahasiswa. Jurnal PEMBAHSI. Vol 7 No 1 2017.
Faturrohman, Muhammad. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Nurgiyantoro, Burhan. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Putri, Ana Pratiwi. (2016). Pengaruh Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Cengkareng Timur Pagi Jakarta Barat). Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2013. Metoda Statistik pendidikan. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wardiah, Dessy. 2018 Peran Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Wahana Didaktika. Volume 16, Nomor 2 Tahun 2018