ANALISIS UNSUR SOSIO-PSIKOLOGIS SASTRA PUISI DOA UNTUK ANAK CUCU KARYA W.S. RENDRA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SASTRA

Authors

  • Muhamad Munawir Guru MTS Mifahul Ulum Telang Karya

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4350

Keywords:

Puisi, Sosio-Psikologi Sastra

Abstract

Puisi adalah salah satu karya sastra yang lahir dari cerminan kehidupan sosial budaya masyarakat pada saat puisi dilahirkan den merupakan bentuk ekspresi curahan hati seorang penyair. Oleh karena itu, kesulitan yang sering muncul dalam menghadapi puisi adalah kesulitan memahami maksud dari puisi itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur sosiopsikologis sastra yang terdapat dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S.Rendra. tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur sosiopsikologis sastra yang terdapat dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S. Rendra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S. Rendra terdapat unsur sosiopsikologis sastra yang meliputi hubungan antara kehidupan sosial masyarakat dengan gagasan salam suatu puisi, unsur kehidupan sosial masyarakat dalam puisi dan sikap penyair terhadap kehidupan sosial masyarakatnya.

References

Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Peneltian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rendra, W.S. (2016). Doa untuk Anak Cucu. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Siswantoro. (2010). Metode Peneltian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardani, Nugraheni Eko. (2009). Makna Totalitas dalam Karya Sastra. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP).

Downloads

Published

2020-01-28