ANALISIS UNSUR-UNSUR KELENGKAPAN BERITA DALAM TEKS BERITA SISWA MTS. MUHAMMADIYAH LEBUNG ITAM

Authors

  • Deksen Karisna Guru SMK Muhamadiyah 2 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4359

Keywords:

Teks Berita, Unsur-Unsur Kelengkapan Berita

Abstract

Dalam menulis teks berita ada unsur-unsur yang digunakan jika unsur tersebut ada yang tidak digunakan maka teks berita tersebut menjadi tidak sempurna. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII teks berita untuk menganalisis penggunaan afiksasi pembentuk verba dan analisis unsur-usur kelengkapan berita dalam teks berita siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lebung Itam. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan afiksasi pembentuk verba dan unsur-unsur kelengkapan berita dalam teks berita siswa. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks berita siswa kelas VIII B MTs. Muhammadiyah Lebung Itam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Berdasarkan analisis data pembahasan tentang afiksasi pembentuk verba dan analisis unsur kelengkapa berita dapat disimpulkan. Pertama ditemukan 73 kata yang berafiks verba. Kedua terdapat siswa yang masih belum lengkap dalam menulis teks berita berdasarkan unsur-unsur berita.

References

Bafadal, I. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Firmansyah. 2013. Pentingnya Matematika dalam Kurikulum 2013. Artikel (Online), (www.sman1subang.sch.id) diakses 20 Februari 2020.

Nurrizbaeni, N., & Setiawan, W. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak3. Journal on Education, 1(3): 327-336.

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1): 63-70.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223-236.

Putri, S. M. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 4(1), 21-29.

Shadiq, F. 2007. “Apa Dan Mengapa Matematika Begitu Penting?â€. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Pppptk) Matematika.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika; Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagian, P., & Surya, E. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar.

Siswanto, R. D., Dadan, D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Smk Kelas XI. Journal on Education, 1(1): 66-74.

Sulis, M. K. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2017/2018.

Supatmono, C. 2009. Matematika Asyik. Jakarta: PT Grasindo.

Wijaya, A., & Masriyah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Mathedunesa, 2(1).

Zulfah, Z. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Lemma, 3(2).

Downloads

Published

2020-01-28