ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA SISWA SMP YPWKS CILEGON DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLA BILANGAN

Authors

  • Anisa Amalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4370

Keywords:

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Taksonomi Bloom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa sudah memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan. Berdasarkan tahapan taksonomi Bloom, keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating) Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan data menggunakan metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan tingkat tinggi yang terdiri dari analisis tingkat kemampuan analisis siswa rata-rata mencapai 33,33%, tingkat mengevaluasi mencapai 44,44%, dan tingkat mencipta sebesar 0% dari skor maksimal 100. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat rendah karena mereka tidak terbiasa mengerjakan soal tes. Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Jika kemampuan analisis siswa rendah maka akan mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi selanjutnya yaitu kemampuan mengevaluasi dan mencipta

References

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2010). Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana.

Irawati, T. N. (2018). Abalisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Gammath, 03, 1–7.

Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kusumaningrum, M., & Saefudin, A. A. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 978–979.

Nuragni, W. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal MatematikaTipe High Order Thinking pada Pokok Bahasan Pola Bilangan di Kalangan Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Mtematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49.

Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C: National Academy Press.

Wicasari, B., & Ernaningsih, Z. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada HOTS. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy, 249–254.

Downloads

Published

2020-09-28