ANALISIS SOAL TIPE HIGHER OTHER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TES OBJEKTF PILIHAN GANDA USBN BAHASA INDONESIA SD/MI

Authors

  • Nela Oktarina Universitas Sebelas Maret
  • Dian Nuzulia Armariena Univesitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4374

Keywords:

HOTS, Tes Objektif, Pilihan Ganda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk soal tipe Higher Other Thinking Skills (HOTS) pada teks objektif pilihan ganda USBN bahasa Indonesia SD/MI tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini berupa butir-butir soal USBN Bahasa Indonesia SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik pustaka dengan cara menyimak, mencatat, serta mengumpulkan data atau menemukan fakta-fakta yang kemudian dijadikan sumber data yang akan dianalisis. Hasil dari penelitian terhadap 20 butir soal soal objektif pilihan ganda, maka diperoleh dua belas butir soal yang termasuk dalam kriteria penilaian baik, satu soal termasuk dalam kriteria cukup baik, dua soal termasuk dalam kriteria kurang baik, dan lima soal termasuk kriteria tidak baik.

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Brookhart S.M. (2010). How to Asses Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

Devi, P,. K. (2011). Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Skill†dalam Pembelajaran IPA SMP / MTs. [Online]. Diakses dari http://p4tkipa.net/data-jurnal/HOTs.Poppy.pdf

Leonard. (2013). Peran Kemampuan Berpikir Lateral dan Positif terhadap Prestasi Belajar Evaluasi Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 32 (1): 54-63.

Lewis, A and Smith, D. (1993). Defining High Order Thingking Theory Into Practice Collage of Education. Ohio: The Ohio State University.

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan StandarKompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnawulan, E. dan Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulmiati. (2017). Pengaruh Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran terhadap Reabilits Soal Bio

Downloads

Published

2020-05-28