PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK DI SDN PABUARAN 2 KOTA TANGERANG

Authors

  • Devy Anggraeni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4375

Keywords:

Dekak-dekak, Alat Peraga, Kemampuan Belajar.

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, maka untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Pabuaran 2 yang berada di kota Tangerang digunakanlah alat peraga matematika yaiu dekak-dekak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Perlakuan yang digunakan berawal dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, kemudian refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV di SDN Pabuaran 2 kota Tangerang yang berjumlah 20 orang. Sumber data yang diperoleh melalui tes awal, tes akhir, observasi, dan wawancara. Materi yang digunakan dalam tindakan kelas yaitu KPK dan FPB. Tes awal yang dilakukan sebelum menggunakan dekak-dekak yaitu 11,54%, sedangkan setelah menggunakan alat peraga dekak-dekak ada peningkatan mencapai 84,62%, kemudian hasil proses kegiatan guru presentase rata-rata 89,09%. Hasil observasi terhadap kegiatan siswa presentase rata-ratanya 85,4%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar matematika pada materi KPK dan FPB di kelas IV SD Negeri Pabuaran 2 kota Tangerang meningkat menggunakan alat peraga dekak-dekak.

References

Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. (2000). Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Marzuki. (2015). “Prestasi Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil Dan Faktor Persekutuan Terbesar Dengan Mengunakan Alat Bantu Dekak-Dekak Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Bireuenâ€. JUPENDAS. Vol. 2 (1).

Usman dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Yuniati, Suci. (2012). “Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (Kpk) Dan Faktor Persekutuan Terbesar (Fpb) Dengan Menggunakan Metode Pebiâ€. BETA. Vol. 2 (2), pp: 149-165.

Pratiwi, Norma. (2019). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FaktorPersekutuan Terbesar (Fpb) Dan Kelipatan PersekutuanTerkecil (Kpk) Melalui Model Pembelajaran LectureBingo Dan Media Dekak Pada Siswa Kelas IvDi Mi Darul Falah Tawang 02Kecamatan Susukan Kabupaten SemarangTahun Pelajaran 2018/2019â€. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Downloads

Published

2020-05-28