UPAYA MENINGKATKAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SMPN 2 BUAY BAHUGA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MEDIA GAMBAR

Authors

  • Eppy Marlina Guru SMP Negeri 2 Buay Bahuga, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4376

Keywords:

Karangan Narasi, Strategi Pembelajaran Inquiri, Media Gambar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII SMPN 2 Buay Bahuga melalui penerapan strategi pembelajaraan inquiri dengan media gambar dan hasil peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMPN 2 Buay Bahuga dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Buay Bahuga, dengan jumlah sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan metode pembelajaran inquiri pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis karangan narasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dan dapat membantu siswa dalam mengembangkan imajinasinya dibuktikan dari hasil mengarang siswa dari prasiklus sampai siklus II. Siswa yang tuntas pada saat prasiklus adalah 9 siswa atau 27%. Pada siklus I, meningkat menjadi 19 siswa atau 57,5% dengan nilai rata-rata 71,9. Pada siklus II siswa yang tuntas 32 siswa atau 96,7% dengan nilai rata-rata 76,96.

References

Armariena, D. N. (2015). Pengaruh Strategi Herringbone dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 45 Palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Armariena, D. N. (2017). Penulisan Narasi Mahasiswa dengan Metode Copy teh Master dalam Menghidupkan Kartakter, Perilaku dan Konflik Tokoh. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 9, 10-19. Palembang: Universitas PGRI Palembang. Armariena, D. N. (2019). Penulisan Karangan Argumentasi Dengan Strategi Herringbone dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Wahana Didaktika. Vol 17 No 1 Januari 2019. Armariena, D. N. (2019). Penulisan Makalah Mahasiswa pada MKU Bahasa Indonesia dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Wahana Didaktika. Vol 17 No 2 Mei 2019.

Keraf, Gorys. (2001). Menulis Efektif. Jakarta : Gramedia

Kusumaningsih, Dewi dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sadiman, Arief S. (2003). Media Pendidikan: Pengertian,Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo

Slamet, St.Y. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Semi. M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-05-28