PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARATIF BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA

Authors

  • Yuni Harika SMA Negeri 2 Tanah Abang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4381

Keywords:

Menulis Naratif, Model pembelajaran Make A Match

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis naratif berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanah Abang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanah Abang berjumlah 62 siswa dengan sampel sebanyak 62 orang, yaitu siswa kelas X.a sebanyak 30 siswa dan siswa kelas X.b sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis naratif berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanah Abang terbukti bahwa “thitung†lebih besar daripada “ttabelâ€. Berdasarkan hasil tes siswa, diperoleh “thitung > ttabelâ€, yaitu 9,56 > 2,00 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,66 dan kelas kontrol 64,68. Dengan demikian, hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis naratif berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanah Abang†terbukti kebenarannya.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armariena, D. N. (2019). Penulisan Makalah Mahasiswa pada MKU Bahasa Indonesia dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Wahana Didaktika. Vol 17 No 2 Mei 2019.

Darmadi, Hamid. (2013). Dimensi-dimensi Metode Pendidikan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ikatan Pena.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-05-28

How to Cite

Harika, Y. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARATIF BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 208–216. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4381