PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA SMP NEGERI 47 BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4387Keywords:
Teknik Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal, Keterampilan Siswa dalam Menentukan Unsur Intrinsik CerpenAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran berkirim salam dan soal terhadap keterampilan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 47 Batam. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti dari meningkatnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari sebelum diterapkan dan sesudah diterapkannya teknik pembelajaran berkirim salam dan soal yaitu nilai rata-rata siswa sebelum diterapkan adalah 72,28 dan rata-rata nilai siswa sesudah diterapkannya adalah 86. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil tes awal dan tes akhir diperoleh = 14,83 dan dengan taraf signifikan 5% dan db = 34 diperoleh = 2,0336. Dengan demikian ternyata , maka hipotesis tentang “Terdapat pengaruh teknik pembelajaran berkirim salam dan soal terhadap keterampilan siswa dalam menentukan unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 47 Batam.†Diterima.References
Armariena, D. N. dan Liza Murniviyanti. (2017). Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Sumatera Selatan dengan Image Streaming dalam Proses Kreatif. Jurnal PEMBAHSI. Vol 7 No 1 2017.
Aminudin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektifitas Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Laelasari dan Nurlailah. 2005. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Nuansa Aulia.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumardjo, Jacob. 2004. Seluk Beluk dan Petunjuk Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pustaka Latifah.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.