EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KECEPATAN TERHADAP KAPABILITAS KONEKSI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Nuriana R. Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Miftah Fathur Rahmi P Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4389

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, PACE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran PACE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas X. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas di Banyumas tahun pelajaran 2018/2019. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol dipilih secara acak kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis tes kemampuan koneksi matematis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji t, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil dari dari penelitian ini adalah pembelajaran PACE efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas X.

 

References

Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (5th ed.). Translated by Soetjipto, H. P. & S. M. Soetjipto. 2015. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, N. R. & Masrukan. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru pada Brain Based Learning Berbantu Web. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2): 204-214.

Dewi, N. R. & Kusumah, Y.S. (2014). Developing Test of High Order Mathematical Thinking Ability In Integral Calculus Subject. International Journal of Education and Research, 2(12): 101-108.

Karnasih, I. & Sinaga, M. (2014). Echancing Mathematical Problem Solving and Mathematical Connection Though the Use of Dynamic Software Autigraph in Cooperative Learning Think Pair Share. SAINSAB-The Journal of The Association For Science and Mathematics Education, 17: 51-71.

Lee, C. (1998). An Assesment of the PACE Strategy for an Introductory Statistics Course, ICOTS, 5: 1245-1249.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia City.

Prasetyo, A., Dwidayati, N.K. & Junaedi, I. (2017). Students’s Mathematical Connection Ability and Disposition Reviewed by Keirsey Personality Type through Eliciting Activities Mathematics Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2): 190-197.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Noto, M. S., Hartono, W. & Sundawan, M. D. (2016). Analysis of Students Mathematical Representation and Connection on Analytical Geometry Subject. Infinity, 5(2): 99-108.

Saminanto, & Kartono. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation With One Variable Based on Connectivity Theory. International Journal of Education and Research, 3(4): 259-270.

Suryana. (2015). Analisis Implementasi Model PACE pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(1): 91-105.

Padmavathy, R. D. & Mareesh, K. (2013). Effectiveness of Problem based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1): 45-51.

Downloads

Published

2020-05-28