ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 CIRUAS KOTA SERANG PADA MATERI GEOMETRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4393

Keywords:

Geometri, Kemampuan Awal, Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciruas ditinjau dari kemampuan awal siswa pada materi geometri dengan pengklasifikasian Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) berdasarkan kriteria kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian 6 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciruas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 5 butir soal tes tertulis berbentuk uraian materi geometri. Berdasarkan Hasil penelitian tingkat kemampuan berpikir kreatif dari 6 siswa diperoleh 2 siswa dengan kemampuan berpikir awal tinggi berada pada TKBK 4 (sangat kreatif), 3 siswa dengan kemampuan awal sedang berada pada TKBK 3 (kreatif) sebanyak 2 siswa dan TKBK 2 (cukup kreatif) sebanyak 1 siswa serta 1 siswa dengan kemampuan awal rendah berada pada TKBK 0 (tidak kreatif). Semakin tinggi kemampuan awal siswa maka semakin tinggi tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimilikinya, jika semakin rendah kemampuan awal siswa maka semakin rendah juga tingkat kemampuan berpikir kreatifnya.

 

Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Geometri, Kemampuan Awal, Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif

Author Biography

Fita Nofiana Arda, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Matematika

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung Hartoyo, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Sambas: FKIP Untan Pontianak.

Arifani, H. N, Sunardi, dan Setiawani, S. 2015. “Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember SMP Al Furqan 1, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI 1 Rambipujiâ€. Jurnal Kadikma, Vol. 6 No. 2.

Erdogan, T., et al. 2009. “The Effect of the Van Hiele Model Based Instruction on the Creative Thinking Levels of 6th Grade Primary School Studentsâ€. Educational Sciences: Theory & Practice. 9(1), pp. 181-194.

Joel, P.K. and Elizabeth, K.M. 2006. “Engineering Applications for Demonstrating Mathematical Problem †Solving Methods at The Secondary Education Levelâ€. Teaching Mathematics and Its Applications. Vol.25(4). pp. 189â€195.

Katminingsih, Y. (2012) “Mengenal Revisi Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohlâ€. Prosiding Seminar Nasional Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Universitas Nusantara PGRI Kediri. ISSN. 2088â€2327

Riraman, B. and Lee, K.H. 2011. The Elements of Creativity and Giftedness in Mathematics. Rotterdam: Sense Publishers

Schoen, H. L. & Oehmke, T. 1980. A New Approach to The Measurement of Problem Solving

Skills., In Krulik, S.,& Reys, R. E. Problem solving in school mathematics (pp. 216227). Reston, VA: NCTM.

White, H. 2007. Problemâ€Based Learning in Introductory Science Acrross Disciplines. Diakses tanggal 27 Maret 2020 dari http://www.udel.edu/ chem/ white/ finalrpt.html

Widodo, S, (2015). Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Kualifikasi Akademik. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2020-09-28