PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Fida Lestari PGSD STKIP-PGRI Lubuklinggau
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Palembang
  • Riduan Febriandi STKIP PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa bahan ajar Mathematic berbasis Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri 37 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis untuk digunakan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan  model pengembangan diadaptasi dari model Four-D. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar materi statistika berbasis problem based learning  memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,76. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 9 orang diperoleh bahwa bahan ajar materi statistika berbasis problem based learning  memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 95%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi statistika berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid, praktis dan bisa digunakan dalam pembelajaran

References

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febriandi, R. 2019. Validitas Lembar Kerja Siswa Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Untuk Siswa Kelas IV SD Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar. 2 (2) 148-158.

Febriandi, R. 2020. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika Melalui pendekatan scientific dengan pembelajaran Cooperative learning pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementery School. 3 (1) 29-37.

Hadi, F., R. 2016. Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. 3 (2), 85-86.

Hasanah, A. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayat, A dan Irawan, I. 2017. Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMA. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1, No.2, pp, 51-63.

Kharisma & Asman. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1 (1), 35-47

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nurhidayati, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5 (2), 238-240.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D): Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. II (2) 32-33.

Downloads

Published

2020-09-28