ANALISIS PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

Fajar Falbiansyah, Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penalaran matematis mahasiswa pada materi geometri berdasarkan teori Van Hiele. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diperlukan berjumlah 3 orang masing-masing dari angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu yaitu memiliki kemampuan penalaran matematis dan komunikasi matematis yang baik serta mau dan mampu mengerjakan soal yang diberikan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan pemberian tes, instrument tes yang digunakan berdasarkan tingkat geometri Van Hiele serta memuat indicator penalaran matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua subjek berada dalam level geometri tingkat 5 (Rigor) serta satu subjek berada pada level geometri tingkat 4 (Deduksi Formal), ketiga subjek juga mampu mencapai setiap indikator yang termuat di dalam soal.

 

Kata Kunci : Penalaran Matematis, Van Hiele, Geometri

 

This study aims to determine the extent of students' mathematical reasoning on geometry based on Van Hiele's theory. The subjects of this study were students of FKIP Sultan Ageng Tirtayasa University. The research subjects were selected using purposive sampling technique. The number of samples needed is 3 people each from the class of 2017, 2018, and 2019 who were selected based on certain criteria, namely having good mathematical reasoning abilities and good mathematical communication and willing and able to do the given problem. Data collection techniques were carried out by providing tests, test instruments used based on the level of Van Hiele geometry and loading indicators of mathematical reasoning. The results of this study indicate that two subjects are at level 5 geometry (Rigor) and one subject is at level 4 geometry (Formal Deduction), all three subjects are also able to reach each indicator contained in the problem.

 Keywords: Mathematical Reasoning, Van Hiele, Geometry


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4400

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.