PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS IV SD NEGERI 54 LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4417Keywords:
Pengaruh, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Tema.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Tema Indahnya Kerbersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan merupakan eksperimen murni yang terdapat dua kelas satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dimana disediakan instrumen tes sebanyak 20 soal dan diuji cobakan sehingga mendapat soal-soal valid yang akan dijadikan tes untuk peserta didik dikelas kontrol maupun kelas eksperimen. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu: setelah mendapatkan skor peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen lalu langkah selanjutnya mencari, rata-rata, simpangan baku, melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji rata-rata dua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Tema Indahnya Kerbersamaan Subtema 2 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 1 Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Lubuklinggau.
References
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Satuan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, D. (2017). Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. Pogalan Trenggalek. Jurnal Riset dan Konseptual, Vol.2, No.3, Hal.328-334.
Buku Panduan Penulisan Skripsi. (2018). Lubuklinggau, Palembang: STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Elhefni. (2011). Model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dan Hasil Belajar di Sekolah. Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang, Vol. XVI, No. 02, Hal.303-319.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model pembelajaran Inovatif. Depok, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handayani, R. D. & Yanti. Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4, (2), Hal.107-123.
Helmiati. (2016). Model pembelajaran. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 01, (01), Hal: 18-36.
Kasimuddin. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar. JPF, 04, (1), Hal.54-72.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Wonosari, Jogyakarta: DIVA Press.
Rofiq, M, N. (2010). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Falasifa, Vol. 1, No. 1, Hal.1-14.
Salamah, U., dkk. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Malang, Jatim: Madani.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan saintifik dan penilaian autentik untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of basic education, 01, (02), Hal.34-46.
Shoimin, A. (2017). 68 Model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, Cv.
Wafiqni, N. & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran tematik berbasic Kearifan Lokal. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tangerang Selatan, 10, (02) Hal.95-110.