TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS III SD NEGERI 204 KECAMATAN KERTAPATI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Khemal Yanuar UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Ilham Arvan Junaidi UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Rury Rizhardi UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4561

Keywords:

Kesegaran Jasmani, Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum adanya data tentang adanya tingkat kesegaran jasmani siswa di SD Negeri 204 Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  Tingkat kesegaran jasmani siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri 204 Palembang Kecamatan Kertapati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas III SD Negeri 204 Palembang, jumlah sampel penelitan ini 53 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan test terhadap seluruh sisiwa kelas III Sekolah Dasar Negeri 204 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 204 Palembang tahun 2020 dengan Rata-rata 14,90 yang terletak pada interval 14-17 dilihat dari norma tes tingkat kesegaran jasmani siswa 10-12 tahun dan diketahui tingkat kesegaran jasmani siswa dalam klasifikasi sedang.

 

Kata Kunci : Kesegaran Jasmani, Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa 

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta:Rineka Cipta.

Ade.2011.Asupan Gizi Seimbang Bagi siswa Sekolah Dasar.Jakarta : P T Erlangga

Bening. 2012. Menu Sarapan Pagi untuk Anak Sekolah Dasar.Jakarta : Puspa swara

Depdiknas. (2000). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran(SD,Mi, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran(SMA,SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 1997. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran(SD,Mi, dan SLB). Jakarta: Depdikbud.

Dirjen Bina Gizi. 2004. Pola Makan Untuk Anak Usia Dini Dan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta : Dirjen Depkes

Hidayatullah.Hari.Syawal. Dan Wisnu. Hari.2016. Perbandingan tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang bertempat tinggal didaerah pesisir dan perkotaan sumenep.Jurnal.

Kurniawan, Ganjar.2004. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas SD Maguwoharjo 1 Depok Sleman.Jurnal Penelitian Pendidikan Jasmani dan Rekreasi.

Kemendiknas. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI)Usia16-19Tahun [Online]. Diakses dari: http://herrypernando.blogspot.co.id/2014/02/tes-kesegaran-jasmaniindonesia-tkji.html[diakses4 Oktober 2019 pukul 23.10].

Lutan,Rusli dkk.(2001). Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Warli Haryana Studio B. W. Design.

Misrati. 2017. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SDN 16 Pulau Binjai dengan SDN 22 Rantau Silang Kecamatan Kuantan Mudik. Jurnal.

Murdaningrum, Yuli. 2003. Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas Atas SD Blunyahan 1 Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Jurnal

Nurcahyo,E. (2014). Survey tingkat kesegaran jasmani siswa kelas XI (sebelas)SMAMuhammadiyah 1 Babat Kabupaten Lamongan. JurnalPendidikan OlahragaDanKesehatan,2(1), hlm. 88-93.

Prakoso,D. (2015). Pengukuran tingkat kebugaran jasmani terhadap siswa yangmengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA Dr.Soetomo Surabaya.JurnalPendidikanOlahraga dan Kesehatan, 3 (1), hlm.9-13.

Rismayanthi,C. (2012). Hubungan status gizi dan tingkat kebugaran jasmaniterhadapprestasi hasil belajar mahasiswa.Jurnal Kependidikan, 42(1),hlm. 29-38.

Sani.Amri.2013. Tingkat Kesegaran Jasmani Anak Usia 6-9 Tahun di SD Negeri ngipik kecamatan pringgurat kabupaten temanggung. Skripsi

Sajoto, Moachamad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga, Jakarta : Depdikbud

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2018. “Metode Peneletian Pendidikanâ€. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016 “metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta.

Wahjoedi.2001. Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Permainan Tradisional. Jurnal

Yulianti.Mimi, dkk.2017.Tingkat Kesegaran Jasmani mahasiswi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Islam Riau.Jurnal.

Yudha,Metana, P. (2015). Kontribusi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa TerhadapHasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. JurnalPendidikanOlahraga dan Kesehatan, 3(3), hlm. 740-744.

Downloads

Published

2020-09-28