IMPLEMENTASI SIKAP DEMOKRATIS DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4562Keywords:
PublishingSikap-Sikap Demokratis, Pembelajaran PKnAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui apakah Sikap-Sikap Demokratis sudah diterapkan dalam proses pembelajaran PKn  kelas II SD Negeri 204 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 204 Palembang yang berjumlah 33 orang. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Sikap Demokratis dalam Proses Pembelajaran adalah guru mengintegrasikan sikap demokratis dalam pembelajaran PKn. Pengimplementasi-an sikap demokratis dalam proses pembelajaran dilaksanakan menjadi tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Menggunakan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Sedangkan pada tahap pelaksanaan, guru melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan penggunaan metode Tanya jawab untuk mendorong siswa agar bisa menerapkan sikap demokratis dalam proses tanya jawab di kelas. Implementasi sikap-sikap demokrasi yang dapat di implementasikan dalam proses pembelajaran PKn di sekolah Dasar Negeri 204 Palembang diantaranya (1) Kebebasan berpendapat, (2) Toleransi, (3) Kepercayaan diri, (4) Kesadaran akan perbedaan, (5) Menghormati orang lain.
Kata Kunci : Sikap-Sikap Demokratis, Pembelajaran PKn
References
Amirudin.Abdullah, dkk.2019. Penerapan Metode Project Citizen dan Discovery dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.Jurnal.
Al-fandi.Haryanto.2011. Desain Pembelajaran yang Demokratis & Humanitas.Depok : Penerbit Ar-ruzz Media.
Al- Hidayat. Nanang.2018. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Langsung dalam Demokrasi Pancasila di Indonesia. Jurnal
Fathurrohman. Dan Wuryandari. Wuri.2011. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.Yogyakarta: Penerbit Nuha Litera.
Hermafitria, dkk.2015. Implementasi Sikap Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.Jurnal.
Ihsan.2017. Kecenderungan Global dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah.Jurnal.
Juliardi.Budi. 2018. Pendidikan Kewarganegaraan. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Libuka.Bahmid, dkk. 2019. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi di Kelas 4 SDN Tolulos Kecamatan Peling Tengah. Jurnal.
Nurita.Febria.Riski.2015. Kajian Filsafat Hukum tentang Demokrasi di Indonesia.Jurnal.
Paramita.Tera.2016. Implementasi Nilai Demokrasi di SD Muhammadiyah Gantiwarno Klaten.Skripsi.
Rini.Abshita.Dwi. Nungki.2017. Implementasi Sikap Demokrasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Jurnal.
Rahman.Asmika. Dan Supriyadi. 2015. Pembentukan Sikap Demokratis melalui Fungsi Musyawarah.Pada Pengurus dan Anggota HMPS PPKN Universitas Ahmad Dahlan Periode 2013-2014.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kulitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Penerbit Prenadamedia Grup.
Winataputra S.Udin. 2014. Pembelajaran PKn di SD. Tangerang: Penerbit Universitas Terbuka.
Wuri Wuryandani,& Fathurrohman. 2011. Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Nuha Litera.
Wardani Wildha, 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal