PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IV SD NEGERI 41 KOTA LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4605Keywords:
Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, SaintifikAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS
Berbasis Saintifik Seni Budaya untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Lubuklinggau.
Jenis penelitiannya adalah Research and Development dengan model Dick &
Carey. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara dan
kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian
menunjukan yaitu validasi media tergolong dengan kategori dikategorikan valid
dengan skor rata-rata 3,07. Hasil validasi kebahasaan dikategorikan cukup valid
dengan skor rata-rata 3. Hasil validasi materi dikategorikan valid dengan skor
rata-rata 3,2. Secara keseluruhan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket
dari tim ahli, LKS Berbasis Saintifik dikategorikan valid dengan skor rata-rata
3,7 dari skor maksimal 4,0. Sedangkan hasil penelitian uji perorangan (one to
one) tergolong dikategorikan praktis dengan skor rata-rata 4,0, dan hasil uji
kelompok kecil (small group) dikategorikan cukup praktis dengan skor rata-rata
3,4, artinya LKS Berbasis Saintifik Seni Budaya untuk Siswa Kelas IV SD Negeri
41 Lubuklinggau valid dan praktis untuk digunakan.
References
Banawi, A. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Pda Sintaks Discovery
Learning/ Inquiry Learning, Based Learning, Project Best Learning..
Jurnal Biology Science & Education: Maluku. 8 (1), 90-98.
Gustiawati, R, Arief, D. & Zikri, A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Membaca
Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fable Pada Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (2), 355-360.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kurniawan, O. & Noviana, E. 2017. Penerpan kurikulum 2013 dalam
meningkatkan keterampilan, sikap dan pengetahuan. Jurnal primary
program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan universitas rias. 6 (2), 389-390.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam
Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal
Seni dan Desain Serta Pembelajarannya. 02 (01).
Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif
dan R & D. Bandung :ALFABETA
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:
ALFABETA
Widiyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran : Panduan Praktis bagi
Pendidik dan Calon Pendidik. Puataka Pelajar.