IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK SDN 1 UJUNG TANJUNG

Arzet Mamelio, Muhamad Idris, Adrianus Dedy

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Peserta Didik SDN 1 Ujung Tanjung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN 1 Ujung Tanjung sudah baik, hal ini terbukti dari peraturan yang ada di sekolah bahwa tidak bleh datang terlambat, berpakaian harus rapi sesuai dengan peraturan sekolah, berdoa sebelum belajar walaupun guru kelas belum ada di kelas, selalu mematuhi peraturan guru, serta peserta didik mematuhi peraturan dan tata tertib di sekolah dan juga terbukti dari nilai raport yang di dapat peserta didik yaitu di atas nilai rata-rata KKM mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Pembelajaran PKn


Keywords


Pendidikan Karakter, Disiplin, Pembelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal.

Lestariningsih, D. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Mata Pelajaran Penjaskes pada Kelas IV. Jurnal.

Mahmud. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutiyono, S. (2014). Impelemntasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di MI Darul Ulum Watesngalian Semarang. Skripsi.

Wardani, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4645

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.