IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK SDN 1 UJUNG TANJUNG

Authors

  • Arzet Mamelio Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4645

Keywords:

Pendidikan Karakter, Disiplin, Pembelajaran PKn

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Peserta Didik SDN 1 Ujung Tanjung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN 1 Ujung Tanjung sudah baik, hal ini terbukti dari peraturan yang ada di sekolah bahwa tidak bleh datang terlambat, berpakaian harus rapi sesuai dengan peraturan sekolah, berdoa sebelum belajar walaupun guru kelas belum ada di kelas, selalu mematuhi peraturan guru, serta peserta didik mematuhi peraturan dan tata tertib di sekolah dan juga terbukti dari nilai raport yang di dapat peserta didik yaitu di atas nilai rata-rata KKM mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Pembelajaran PKn

References

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal.

Lestariningsih, D. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Mata Pelajaran Penjaskes pada Kelas IV. Jurnal.

Mahmud. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutiyono, S. (2014). Impelemntasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di MI Darul Ulum Watesngalian Semarang. Skripsi.

Wardani, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Skripsi.

Downloads

Published

2021-01-28