ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG

Authors

  • Pepi Permana Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4676

Keywords:

Kemampuan Pemahaman IPS, Peserta Didik

Abstract

Abstrak

Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan pemahaman IPS materi kegiatan ekonomi dan peranan guru terhadap Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS, siswa dan kepala SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik  pengumpulan  data  meliputi  tes,  wawancara,  dan  dokumentasi,  sedangkan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat  pemahaman  pemahaman IPS  sebesar  77,25%  termasuk  dalam  kategori  baik. Peranan guru adalah guru menjelaskan materi kegiatan ekonomi telah sesuai dengan kurikulum k-2013. Selain itu, guru telah menggunakan buku guru dan buku siswa. Buku guru berupa buku paket dan buku siswa berupa LKS. Tetapi, tidak menggunakan media. Hal ini disebabkan karena di dalam buku tersebut terdapat hal-hal yang menarik, seperti gambar. Metode yang diterapkan guru bervariatif yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi.

 

Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman IPS, Peserta Didik

References

Nurani, Gita Candra. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar IPS Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 No 1 Tahun 2015.

Kunandar. (2011). Guru Professional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lubis, Nur Apidah. (2019). Pendidikan IPS dalam Kurikulum 2013. Sidimpuan: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Padang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: AlphaBheta.

Syamsiyah, Siti. (2018). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas 5. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Yayah, Churiyah. 2011. Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Sekolah Dasar terhadap Penggunaan Ejaan. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor 11April.

Downloads

Published

2020-09-28