PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA MTS NEGERI 1 EMPAT LAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4897Keywords:
Model Pembelajaran Outbound, Menulis PuisiAbstract
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini mengenai apakah ada pengaruh model pembelajaran Outbound terhadap kemampuan menulis puisi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Outbound terhadap kemampuan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode Design Only Posttest Control. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran Outbound dan variabel terikat yaitu menulis puisi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 6 kelas, sampel penelitian siswa kelas VIII.6 kelas eksperimen dan kelas VIII.3 kelas kontrol. Pengumpulan menggunakan teknik tes, teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa Ho diterima jika thitung < ttabel dan Ha diterima jika thitung > ttabel oleh karena itu thitung dengan nilai 11,71 lebih besar dibandingkan ttabel dengan nilai 1,66 sehingga ada pengaruh metode Outbound dalam menulis puisi siswa kelas VIII MTS N 1 Empat Lawang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Outbound, Menulis Puisi
References
DAFTAR PUSTAKA
Alek, A. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Fajar
Interpratama Offset.
Jabrohim, S. A. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. yogyakarta: aswaja pressindo
Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
yogyakarta: Ar-ruzz media.
Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Wardarita, R. (2015). kajian bahasa dan sastra indonesia. yogyakarta: elmatera.