PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA MTS NEGERI 1 EMPAT LAWANG

Authors

  • Muhammad Syaifudin Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy Universitas PGRI Palembang
  • Barkudin Barkudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4897

Keywords:

Model Pembelajaran Outbound, Menulis Puisi

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini mengenai apakah ada pengaruh model pembelajaran Outbound terhadap kemampuan menulis puisi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Outbound terhadap kemampuan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode Design Only Posttest Control. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran Outbound dan variabel terikat yaitu menulis puisi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 6 kelas, sampel penelitian siswa kelas VIII.6 kelas eksperimen dan kelas VIII.3 kelas kontrol. Pengumpulan menggunakan teknik tes, teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa Ho diterima jika thitung < ttabel dan Ha diterima jika thitung > ttabel oleh karena itu thitung dengan nilai 11,71 lebih besar dibandingkan ttabel dengan nilai 1,66 sehingga ada pengaruh metode Outbound dalam menulis puisi siswa kelas VIII MTS N 1 Empat Lawang.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Outbound, Menulis Puisi

References

DAFTAR PUSTAKA

Alek, A. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Fajar

Interpratama Offset.

Jabrohim, S. A. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. yogyakarta: aswaja pressindo

Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

yogyakarta: Ar-ruzz media.

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Wardarita, R. (2015). kajian bahasa dan sastra indonesia. yogyakarta: elmatera.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Syaifudin, M., Wahidy, A., & Barkudin, B. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA MTS NEGERI 1 EMPAT LAWANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 338–346. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4897