PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Yulianita Yulianita

Abstract


Abstrak

Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar peserta didik kelas IX.I SMP  Negeri 2 Palembang kurang memahami tentang Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkan model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas IX.I SMP  Negeri 2 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX.I SMP Negeri 2 Palembang yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil di kelas IX.I pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2019. Penelitian tindakan kelas ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Mastery Learning.  Ketuntasan belajar meningkat dari Pra siklus, siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 56,25%, 78,13% dan 87,50 % Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik.

 

Kata Kunci: Mastery Learning, Hasil Belajar Matematika


Keywords


Mastery Learning, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Adjie, Nahrowi & Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. UPI PRESS. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mahmud, Djuwita Amin dan Hartono. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Isk dan di Ditinjau dari Motivasi, Sikap, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Universitas Negeri Yogyakarta. (tidak diterbitkan).

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Jakarta.

Suwangsih, Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI PRESS. Bandung.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya: Jakarta.

Usman, Moh. User. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4995

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.