PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII.8 SMP NEGERI 2 PALEMBANG

Nurma Nurma

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share pada mata pelajaran IPS Kelas VII.8 SMP Negeri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian ini peserta didik Kelas VII.8 dengan jumlah 32 peserta didik. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari  pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (34.38%), siklus I (56.25%), dan siklus II (90.63%).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII.8 SMP Negeri 2 Palembang dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 2 Palembang serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

 

Kata Kunci: Hasil belajar,Sejarah, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share.


Keywords


Hasil Belajar Sejarah, Model Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Basrowi, Suwandi, (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Anggota IKAPI: Ghalia Indonesia

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lie, Anita. (2005). Cooperatif Learning. Jakarta: Gramedia.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Solihatin, Etin dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Posdakarya

Sudjana, N.. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Supriatna, D. (2009). Pengenalan Media Pembelajaran, Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak Kanak Dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4996

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.