PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE DEMONTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II.B SD NEGERI 65 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4998Keywords:
Hasil Belajar IPA, Metode DemontrasiAbstract
Abstrak
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Model Pembelajaran Metode Demontrasi  dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa  kelas II SD Negeri 65 Palembang ?.Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Metode Demontrasi  di kelas II SD Negeri 65 Palembang. Adapun Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. peningkatan hasill belajar tersebut ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu pra siklus mencapai 33.33%, siklus I meningkat sebesar 70.37 %, dan siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik mencapai 85,19%. Dari hasil analisis data diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Metode Demontrasi  dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 65 Palembang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA selanjutnya.
Â
Kata Kunci: Metode Demontrasi, Hasil Belajar, IPA.
References
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. 2009. Jakarta: AV Publisher.
Depdikbud. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kasbolah, K. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdiknas.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Haryanto, S. (2012). Pengertian Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka.