CARA BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL APLIKASI INTEGRAL TERTENTU (VOLUME BENDA PUTAR)

Marhamah Marhamah

Abstract


Abstrak
Materi integral sudah dipelajari siswa dari tngkat SMA, bahkan di Perguruan Tinggi
(FKIP). Materi integral ini menjadi salah satu materi prasyarat bagi pembelajaran materi yang
lain seperti pada mata kuliah kalkulus lanjutan dan persamaan differensial.
Berdasarkan pengamatan kami di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP
Universitas PGRI Palembang, pemahaman aplikasi integral tertentu tentang menghitung volume
benda putar belum dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa, yang mana kami
berkesimpulan bahwa mahasiswa masih merasa bingung dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi
integral tertentu (volume benda putar) dan masih timbul keraguan dibenak mahasiswa
bagaimana bentuk partisinya, apakah horizontal atau vertikal.
Dalam uraian ini kami kemukakan bagaimana cara berpikir dalam menyelesaikan soal-
soal aplikasi integral tertentu (volume benda putar) sehingga mahasiswa mengetahui bagaimana
bentuk partisinya sehingga bisa melakukan perhitungannya.
Kata Kunci :
1. Berpikir dengan Metode Cakram
2. Berpikir dengan Metode Cincin
3. Berpikir dengan Metode Kulit Tabung


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i2.520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
WAHANA DIDAKTIKA by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.