KONSTRUKSI SKALA MINAT KEPENDIDIKAN SEJARAH DITINJAU DARI KETERAMPILAN DAN NILAI KESEJARAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i3.523Abstract
Abstrak
Guru sejarah harus memiliki kemampuan merekonstruksi kejadian masa lalu dan memiliki imajinasi yang tinggi serta berbagai jenis pengetahuan yang positif.  Penguasaan materi oleh guru sangat dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran sejarah dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hal ini berkaitan dengan minat para calon guru pendidikan sejarah dalam mempelajari konten-konten pelajaran. Dengan melakukan pengukuran minat belajar kependidikan sejarah akan membantu mahasiswa calon guru sejarah untuk memahami dan memaknai peristiwa-peristiwa sejarah. Untuk itu perlu dikonstruksi sebuah skala untuk mengukur minat kependidikan sejarah. Setelah skala minat kependidikan sejarah direkonstruki, kemudian dilakukan pengujian empirik, dan analisis skala berupa pengujian daya beda item, estimasi reliabilitas dan validitas konstruk melalui analisis factor, dari item pool sebanyak 53 buah item. Sehingga diperoleh norma kategorisasi skala minat kependidikan sejarah.
Â
Kata Kunci: Skala Minat Kependidikan Sejarah, dan Nilai Kesejarahan