KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MEMAHAMI WACANA SISWA KELAS VIII SMP TRIDARMA PALEMBANG

Authors

  • Dessy Wardiah

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i3.55

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran memahami wacana bagi siswa kelas VIII SMP Tridarma Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 orang dengan rincian 40 orang siswa kelas VIII.A sebagai ketas eksperimen dan 38 orang siswa kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan menggunakan teknik tes, teknik angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achivement Division) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvesional dalam memahami wacana siswa kelas VIII SMP Tridarma Palembang, Hal ini terbukti dari adanya perbedaan skor rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Setelah dikonsultasikan pada  terdapat perbedaan yang signifikan dari perhitungan uji t yang menujukan bahwa  >  atau 4,547 >1,63, maka tolak Ha dan terima Ha.

 

Kata Kunci: Wacana, Model Pembelajaran, STAD

Downloads

Published

2015-01-27

How to Cite

Wardiah, D. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MEMAHAMI WACANA SISWA KELAS VIII SMP TRIDARMA PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v12i3.55