PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBUAH DEKONSTRUKSI PENDIDIKAN DI TENGAH KEMAJEMUKAN

Authors

  • Suardi Suardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i1.562

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah pendidikan multikultural yang merupakan dekonstruksi atas kemajemukan. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) konteks program yang tidak didukung oleh pemerintah. Ini nampaknya bahwa pemerintah tidak memberikan bimbingan atas penerapan program oleh hukum; (2) aspek input menunjukkan bahwa input terkategori cukup baik dalam penerapan pembelajaran multikultural di samping dukungan masyarakat yang berpartisipasi dalam perencanaan pendidikan sekolah; (3) aspek proses dari program yang terkategori cukup baik dimana guru mengintegrasikan pembelajaran multikultural dalam instruksi pembelajaran, dan (4) aspek luaran menunjukkan bahwa kompetensi siswa dalam multikultural dinilai cukup baik dimana mereka mereka menerima budaya orang lain di sekitar.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Multikultural, Dekonstruksi

Downloads

Published

2016-08-02